Tips Jualan di Instagram yang Mungkin Belum Anda Terapkan Saat Ini

Tips Jualan di Instagram yang Mungkin Belum Anda Terapkan Saat Ini

Apakah Anda termasuk pebisnis yang ikut memanfaatkan sosial media seperti Instagram sebagai media pemasaran? Dan apakah promosi dan penjualan Anda masih belum menunjukkan hasil sesuai harapan saat ini? Mungkin Anda perlu mengevaluasi lagi apakah cara jualan di Instagram yang diterapkan.

Tips Sukses Jualan di Media Instagram

Ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan pada akun IG yang dipakai untuk berjualan. Mungkin beberapa hal berikut ini masih belum Anda aplikasikan pada akun Anda sehingga penjualan masih di bawah harapan, antara lain

Akun khusus jualan

Hindari memakai nama pribadi pada akun yang Anda gunakan berjualan agar memberikan kesan yang lebih profesional dan tidak bercampur oleh hal-hal pribadi Anda. anda bisa memakai “kata kunci” yang banyak dicari orang atau melakukan riset keyword menggunakan Google.

Dapatkan followers

Dapatkan followers lebih banyak namun tetap sesuai produk jualan Anda agar promosi Anda lebih efektif dan efisien. Anda bisa memfollow akun terlebih dahulu. Idealnya Anda juga dapat memfollow hingga 200 orang yang terbagi ke dalam 5 waktu. Terus lakukan dengan cara konsisten hingga didapat jumlah follower yang signifikan, misalnya 100 ribu followers.

Foto produk

Unggah foto produk dagangan Anda dengan kriteria yang jelas memperlihatkan bagian mana saja yang biasanya ingin dilihat ole calon pembeli. Berikan caption yang memuat berbagai informasi produk. Kalimat promosi yang digunakan juga sebaiknya menarik, singkat, padat dan jelas selain halnya deskripsi lengkap produk serta informasi lainnya.

Hashtag

Instagram memang populer oleh penggunaan hashtag sebagai kata kunci untuk memudahkan pencarian. Optimalkan hal ini dengan selalu membubuhkan hashtag yang relevan. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan pembuatan hashtag.

Testimoni dan Resi Pengiriman

Jangan lupa untuk mengunggah testimoni para pelanggan untuk menambahkan kepercayaan calon konsumen pada bisnis dan produk Anda. Testimoni bisa Anda kumpulkan dari SMS, BBM, Whatsapp, inbox Instagram dan lainnya yang diupload berupa screenshoot di Instagram. Ingat untuk selalu  menyamarkan identitas dan obrolan lain yang tidak perlu untuk menjaga privasi mereka. Anda juga boleh memajang resi pengiriman untuk membuktikan bahwa Anda memang benar-benar mengirimkan barang-barang pesanan konsumen terdahulu.

Akun Bisnis

Jadi selain tidak menggunakan akun pribadi, Anda juga sebaiknya menggunaka akun bisnis agar calon pembeli lebih yakin bahwa akun tersebut profesional. Kelebihan akun bisnis adalah memungkinkan Anda untuk mengetahui orang-orang yang telah melihat dan berkunjung ke akun Anda sekaligus menganalisa bagaimana minat konsumen.

Endorse dan Promosi Berbayar

Pengguna Instagram memang datang dari berbagai kalangan, mulai dari artis, pejabat sampai tokoh masyarakat dengan pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai media promosi. Anda sebagai penjual dapat melakukan kerjasama berupa endorse dan paid promote untuk mengundang lebih banyak followers ke akun Anda. dengan demiian peluang penjualan menjadi lebih besar.

Tag dan Share

Cara ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan bisnis dan produk Anda. Menerapkannya, Anda juga perlu membatasi diri dengan hanya 3 sampai 5 orang saja untuk menjaga privasi mereka. Jika Anda ingin melakukannya lagi, usahakan untuk menyasar akun lain.

Giveaway dan Diskon

Giveaway dan diskon biasa diberikan bagi followers yang aktif mengikuti berbagai event yang Anda buat. Cara ini masih dirasa efektif sebab umumnya mensyaratkan peserta untuk melakukan tag teman dari followers yang secara tidak langsung menjadi promosi pada calon konsumen.

Soft Selling

Anda juga perlu melakukan sosialisasi yang bertujuan untuk membangun kedekatan yang lebih baik dengan konsumen. Anda boleh mengunggah foto dan konten berisi quote dan lain sebagainya yang dapat mengundang terjadinya interaksi. Cara lainnya, Anda dapat memanfaatkan fitur jajak pendapat dan pertanyaan di Instastory.

Itulah tadi beberapa cara jualan di instagram untuk memaksimalkan konversi konsumen Anda. Anda dapat mengevaluasi kembali apa saja hal yang mungkin belum Anda lakukan pada akun jualan sehingga belum mendapatkan angka penjualan yang memuaskan.

Adhi Tama

Saya Adhi Tama sebagai penulis dari blog webcutc ini. Semoga pengunjung bisa betah membaca di blog saya ini.

Adhi Tama

Saya Adhi Tama sebagai penulis dari blog webcutc ini. Semoga pengunjung bisa betah membaca di blog saya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *